Sabtu, 28 Maret 2015

TIPS MERAWAT KERUDUNG

Tips Merawat Kerudung
Tips Merawat dan Memakai Jilbab
Bagi ukhti muslimah berjilbab, kerudung baik Kerudung Modern Murah ataupun Kerudung Modern  Modern Instan mengkoleksinya adalah wajib. Bagaimana mengoleksi itu mudah, namun merawatnya membutuhkan perhatian lebih khusus. Kami sampaikan Tips Merawat Kerudung atau Jilbab:
KERUDUNG PAYET
  1. Sebaiknya kerudung atau jilbab dicuci dengan sampo, karena apabila denan sabun cuci yang keras dapat merusak payet. Dan sewaktu mencuci jangan rendam terlalu lama karena bisa menyebabkan warna payet berubah.
  2. Bagian payet jangan dikucek atau disikat.
  3. Waktu pengeringan jangan memeras bagian manik-maniknya, tapi kerudung atau jilbab  bisa langsung dikeringkan.
  4. Jika Kerudung atau jilbab dipenuhi dengan payet, usahakan simpan kerudung atau jilbab dengan cara dilipat. Jangan simpan dengan cara digantung, karena akan merusak bentuk payet.

PARIS POLOS
  1. Mencuci secara manual (dengan tangan) lebih bagus karena apabila dicuci dengan mesin cuci bisa merusak serat bahan paris yang tipis.
  2. Hindari kena sinar matahari langsung agar warnanya tidak pudar dan tetap terjaga.
  3. Pengeringan kerudung atau jilbab paris cukup aman dikeringkan dengan mesin cuci.
  4. Apalabila ada bagian yang tersangkut, solusinya bisa digabungkan seratnya dan digosok-gosokan di bagian yang masih utuh, seratpun akan merapat dengan sempurna lalu bisa anda setrika agar lebih sempurna.
  5. Disebabkan bahan kerudung atau jilbab paris terbuat dari bahan yang tipis, tidak dianjurkan memakai peniti, pakailah jarum pentul karena akan lebih aman.
CIPUT
  1. Coba perhatikan bagian pet, jangan sampai terlipat ataupun patah dan sebaiknya penyimpanannya jangan terlipat, usahakan pentimpanan dalam keadaan lurus.
  2. Mencucinya jangan memakai mesin cuci, cukup dengan dikucek.
  3. Apabila bagian pet kotor, sikat pet dengan sikat halus atau direndam sebentar.
  4. Biasanya pet berbahan kaus, sehingga tidak perlu disetrika.
  5. Apabila Anda membeli ciput dengan cepol, pastikan kualitasnya bagus. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir cepol berubah bentuk ketika dicuci.
KERUDUNG BORDIR
Ukhti muslimah hindari menyetrika bagain border atau sulam dan jauhkan benda tajam dari bagian border atau sulam.
KERUDUNG SIAP PAKAI
  1. Biasa kerudung atau jilbab siap pakai memiliki pet sehingga hindari mencucui dengan mesin, hindari memerasnya cukup dicelup-celup saja dan keringkan dengan cara diangin-anginkan
  2. Apabila mau setrika kerudung atau jilbab jangan menggunakan suhu yang terlalu panas. Kalaupun harus menyetrika jangan setrika bagian pet ataupun aplikasi bunganya.
  3. Simpan dengan posisi terlipat. Pastikan bagian petnya tidak terlipat ataupun tertekuk.
AKSESORIS
  1. Untuk aksesoris jangan disimpan di tempat lembab ataupun terlalu banyak sinar matahari, kemudian simpan dengan tempat khusus atau boks biar aman, namun sesekali dikeluarkan agar ada sirkulasi udara.
  2. Bersihkan kuas halus, bersihkan dengan sabun atau bahan kimia lainnya karena dapat menrubah warna.
  3. Penyimpanan dengan bertumpuk bisa menyebabkan gesekan, sehingga hindari penumpukan yang terlalu banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar